Friday, March 18, 2016

City Courier / Kurir

City Courier / Kurir

Kurir


Kurir (courier) adalah seseorang yang membawa dan memberikan pesan, dokumen atau paket, seringkali antar perusahaan. Seseorang yang dipekerjakan oleh sebuah perusahaan jasa ekspedisi sebagai pengantar dokumen atay paket.
Menjadi seorang kurir mungkin bukanlah pilihan para pencari kerja saat ini, apalagi jika tingkat pendidikannya diatas Sekolah Menengah…Padahal selain profesi pedagang, sales, etc ada banyak peluang di profesi ini, seiring dengan semakin tumbuh pesatnya perusahaan-perusahaan jasa pengiriman.

Tapi disini kita bukan ingin bicara tentang peluang di bidang ini, namun ingin mengomentari sedikit tentang kinerja kurir berdasarkan pengalaman saya yang sering menerima paket atau sejenisnya :) Seperti kita ketahui peranan dan fungsi kurir sangat vital dan tingkat kualitas kinerja mereka akan berpengaruh besar pada kepuasan konsumen sekaligus nama baik perusahaan jasa itu sendiri.

Dari beberapa pengalaman tersebut ada ketidakpuasan kita sebagai pengguna jasa terhadap kinerja para kurir dari beberapa perusahaan jasa pengiriman…bukan maksud menggurui atau menghakimi tapi sekedar ungkapan emosi eh hati hehehehe .

Beberapa kali kita mengalami keterlambatan penerimaan paket melebihi standar yang seharusnya dan rata-rata penyebabnya bukan karena paket itu belum sampai di kota tujuan tapi karena kurir yang ditugaskan memang belum mengunjungi tempat kita… 

Saya pernah bertanya pada salah seorang kurir kenapa mereka sering terlambat mengantarkan paket, dia beralasan karena tugas pengiriman perhari terlalu banyak dan area coverage yang menjadi tanggung jawab mereka terlalu besar…

Sebagai konsumen tentu kita tidak mau menerima alasan apapun karena ini masalah pelayanan. Seharusnya mereka berkaca pada kinerja dari para Pak Pos jaman dulu dimana dengan penuh dedikasi dan profesionalitas menjalankan tugas dan kewajiban mereka dengan penuh tanggung jawab meskipun fasilitas, tempat dan jarak serta area yang harus mereka tempuh sangat banyak dan luas.

Dan masalah seperti ini bukan hanya saya yang mengalami tapi juga para pengguna lain, so sudah semestinya perusahaan-perusahaan jasa pengiriman lebih memperhatikan kualitas kurir yang mereka miliki dan mungkin merevisi sistem penugasan dan penjadwalan agar lebih baik sesuai dengan kondisi dan kemampuan serta kompensasi yang diberikan pada kurir-kurir mereka.

Kurir adalah pekerjaan mulia dan penting (kecuali kurir narkoba!) so saya harap jangan sampai image kurir menjadi jelek hanya gara-gara beberapa oknum yang tidak berkualitas…seperti image sales yang selama ini oleh sebagian orang terlanjur dianggap sebagai pembohong, etc. Semoga manfaat.

Yuuki Gasai

Author & Editor

Silahkan Isi Komentar dibawah ini mengenai artikel yang bersangkutan, Teruslah berkarya sesuai apa yang anda pikirkan dan sesuai inspirasi anda...

0 komentar:

Post a Comment